PRESENT PERFECT CONTINUOUS TENSE (Pengertian,Fungsi,Time Signal,Rumus) | Belajar bersama


Pengertian present perfect continuous tense

        Present perfect continuous tense yaitu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang dimpulai pada masa lampau dan masih berlangsung atau masih berlanjut hingga sekarang, serta ada kemungkinan berlangsung atau berlanjut hingga waktu yang akan datang.

Fungsi present perfect continuous
- yang pertama adalah present perfect continuous digunakan untuk menunjukkan suatu aksi yang baru saja selesai. contohnya adalah, It has just been raining in Bali. Yang artinya, baru saja turun hujan di Bali.
- fungsi yang kedua adalah present perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang atau masa kini. Contohnya adalah She has been going to school yang artinya dia telah pergi ke sekolah. dan bisa kalian lihat setelah kalimat she has been going to school, terdapat tanda kurung yang menunjukkan bahwa dia telah pergi ke sekolah dan sampai sekarang dia belum pulang. 

Penjelasan Present perfect continuous tense dapat dilihat dengan video, dilahkan klik link dibawah ini ya!

                

Rumus atau pola kalimat present perfect continuous tense

> penjelasan rumus atau pola kalimat dalam present perfect continuous tense yang pertama adalah kalimat positif ya teman-teman, yaitu subject + have atau has+been+V-ing. Contohnya adalah he has been teaching me for six years. Ya artinya dia telah mengajariku selama enam tahun tahun
Have digunakan untuk subjek i,you,we,dan they. Serta has digunakan untuk subjek she,he,it,
- Kita lanjutkan ke rumus negatif present perfect continuous tense, yaitu subject+have/has+not+been+v ing. Contohnya adalah he has not been teaching me for six years. Yang artinya dia tidak mengajariku selama 6 tahun.

-Yang terakhir adalah rumus interrogative atau kalimat tanya present perfect continuous tense, yaitu have/has+subject+been+v ing+?. Contohnya adalah has he teaching me for six years?. Yang artinya apakah dia telah mengajariku selama enam tahun?
• Aku beri sedikit imbuhan ya teman teman, bahwa present perfect continuous tense juga dapat digunakan tanpa keterangan waktu, namun keterangan waktunya diganti dengan "recently" atau baru saja, dan "lately" artinya belakangan ini atau akhir akhir ini.
Contoh kalimat untuk recently adalah sebagai berikut ya teman teman,
yaitu recently, we have been feeling very tired, artinya baru baru ini, kami merasa sangat lelah.
Dan untuk contoh kalimat lately, adalah seperti ini, lately, she has been studying hard lately, yang artinya dia perempuan telah belajar keras akhir akhir ini.

Time signal present perfect continuous tense
  • Yang pertama adalah for, artinya adalah selama, time signal for digunakan untuk memberikan keterangan tambahan seberapa lama suatu kegiatan itu terjadi, 
  • dan yang kedua adalah since, yang artinya sejak. Time signal since digunakan untuk menyatakan kapan kegiatan atau peristiwa dimulai.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.