PRESENT PERFECT TENSE (Pengertian,Jenis,Time Signal,Rumus) | Belajar bersama


Present perfect tense
      Adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang baru saja selesai dilakukan, kegiatan yang sudah dilakukan di waktu lampau, dimulai di waktu lampau dan masih berlangsung hingga sekarang. Atau telah selesai pada suatu titik waktu tertentu dimasa lalu, tetapi efeknya masih berlanjut.

Video penjelasan tentang present perfect tense, silahkan klik dibawah ini ya!


Fungsi present perfect tense 
 -  present perfect tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi berulang kali di masa lalu. Contohnya I have read the book several times ( saya telah membaca buku itu beberapa kali).
 - present perfect tense digunakan untuk menyatakan kegiatan atau kejadian yang terjadi pada suatu waktu. Jadi spesifik waktunya tidak disebutkan atau spesifik waktu dalam present perfect tense tidak terlalu penting. Contohnya He has gone to Bali( Dia laki-laki pernah pergi ke Bali). sudah jelas ya dalam, kalimat ini tidak ada spesifik waktunya ya, atau waktunya tidak diketahui. Karena, waktunya sama seperti fungsi yang pertama tadi,yaitu spesifik waktu dari present perfect tense tidak terlalu penting.
 - present perfect tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang dimulai sejak lama atau lampau, tetapi efeknya masih terasa sampai sekarang. contohnya  I have tasted the bread (Saya sudah mencicipi rotinya atau roti itu)  jadi, I masih bisa merasakan rasa roti tersebut, meskipun sudah mencicipinya pada masa lalu.
 -  present perfect tense juga digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah terjadi atau seperti fungsi diatas, dan menyatakan kejadian yang belum terjadi. contohnya adalah i have not gone to the store yet( Saya belum pergi ke toko itu).

Perbedaan dari present perfect tense dengan simple past tense. 
 - present perfect tense menyatakan kejadian di waktu lampau atau kejadian masih berlangsung saat ini. perlu diingat, present perfect tense digunakan untuk menghubungkan masa lalu dan masa sekarang atau penghubung masa lalu dan masa sekarang.
- Berbeda dengan present perfect tense, simple past tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah benar-benar berakhir, contohnya I went to Bali with my father last week( aku pergi ke Bali dengan ayahku Minggu lalu).

Rumus atau pola kalimat 
dalam present perfect tense. Present perfect tense terbagi menjadi dua yaitu kalimat verbal dan kalimat nominal. jika kalimat verbal menggunakan kata kerja atau verb dan kalimat nominal menggunakan kata benda atau noun.
- yang pertama adalah rumus kalimat verbal present perfect tense. Rumusnya adalah subjek + have atau has + verb 3. Have digunakan untuk subjek i,you,we,dan they. Dan has digunakan untuk subjek she,he,it. Contohnya nya adalah we have already written our reports (kami sudah menulis laporan laporan kami).
- Selanjutnya adalah rumus kalimat negatif dari present perfect tense yaitu subject + have atau has + not + verb 3 contohnya adalah we have not already written our reports (kami belum menulis laporan laporan kami).
- yang terakhir adalah rumus kalimat tanya atau interogatif dari verbal present perfect tense yaitu have atau has + subject + Verb 3 +? Contohnya have We already written our report? (Apakah kamu sudah menulis laporan laporan kami?).

- Selanjutnya adalah rumus atau pola kalimat dari nominal present perfect tense yang pertama adalah kalimat positif yaitu
subject + has atau have + been + object. Contohnya nya adalah,mthey have been back from airport (mereka telah kembali dari bandara).
- rumus atau pola kalimat negatif, yaitu subject + to have not + been + object. Contohnya adalah they have not back from Airport(Mereka belum kembali dari bandara).
- Kita lanjutkan ke rumus kalimat interogatif atau kalimat tanya yaitu has/have+been+?. Contohnya have they been back from Airport? (Apakah mereka sudah kembali dari bandara?).

Time signal 
merupakan petunjuk waktu, fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang lebih spesifik kepada pendengar atau lawan bicara kita. Time signal dari present perfect tense antara lain 
- for yang artinya selama atau berhubungan dengan durasi waktu
- since, artinya sejak atau berhubungan dengan waktu dimulainya kegiatan
- Yet artinya belum
- already artinya sudah terjadi
- ever yang artinya pernah
- never yang artinya belum pernah

Sampai jumpa! Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.