SIMPLE PAST TENSE (Pengertian,Jenis,Time Signal,Rumus) | Belajar bersama


Pengertian simple past tense
   Simple past tense yaitu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah selesai dilakukan pada waktu lampau dan telah berakhir di masa lampau dalam satu waktu yang spesifik. 
Pada dasarnya simple present tense dengan simple past tense memiliki struktur yang sama. yang membuat mereka berbeda adalah kata kerja dan waktu yang digunakan. Simple present tense menggunakan verb 1 dan simple past tense menggunakan verb 2.

Video penjelasan tentang Simple Past Tense, bisa dilihat dibawah ini ya!

Time Signal dari Simple Past Tense, sebagai berikut:

1. Yesterday (kemarin) 

    - Yesterday morning (Kemarin pagi)

    - Yesterday evening (Kemarin malam)

2. ...ago (lalu) bisa digunakan untuk jumlah waktu lebih dari satu, dan satu jumlah waktu. ago diletakkan dibelakang kalimat.

    - Two years ago (Dua tahun yang lalu) > Jumlah waktu lebih dari satu

    - A week ago (Seminggu yang lalu) > Satu jumlah waktu

3. Last... (lalu) bisa digunakan untuk satu jumlah waktu. last diletakkan didepan kalimat.

    - Last week (minggu lalu)

    - Last year (tahun lalu)

Fungsi Simple Past Tense
- yang pertama adalah Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan/kejadian di masa lampau dengan waktu yang pasti atau spesifik. Contohnya, I planted rose last week (Saya menanam mawar minggu lalu).
- fungsi yang kedua adalah Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan kejadian atau kebiasaan yang dilakukan berulang kali di masa lampau. Contohnya, When I lived in Surabaya, I always cooked soto Everyday (Ketika aku tinggal di Surabaya, aku selalu memasak soto setiap hari).

Rumus atau pola kalimat Simple Past tense
Simple Past Tense dibagi menjadi dua, yaitu Verbal dan Nominal. Jika Verbal menggunakan kata kerja atau Verb 2(dalam simple past) dan Nominal tidak menggunakan kata kerja atau Verb 2(dalam simple past). Kita bahas yang Rumus/Pola kalimat Simple Past Tense bentuk Verbal.

1) yang pertama adalah kalimat positif ya teman-teman, yaitu Subject + Verb 2. Contohnya adalah She went to the school yesterday (Dia perempuan pergi ke sekolah kemarin). Went dalam kalimat ini adalah Verb 2 dari Go, yang artinya pergi.

2) Kita lanjutkan ke rumus negatif Simple Past tense, yaitu Subject + did + not + Verb 1. Contohnya adalah She did not went to the school (Dia perempuan tidak pergi ke sekolah kemarin). Dalam rumus, Did digunakan untuk semua subject (I,you,we,they,she,he,it). Dan juga, dalam Kalimat negative Simple past bentuk verbal, Verb atau kata kerja yang semula adalah Verb 2, kini menjadi Verb 1 kembali. Hal ini juga berlaku untuk Kalimat interrogative Simple Past bentuk Nominal. Yaitu,

3) rumus introgative atau kalimat tanya Simple Past tense, yaitu 
Did + subject + Verb 1?. Contohnya adalah Did she go to the school yesterday? (Apakah dia perempuan pergi ke sekolah kemarin?).

Rumus/Pola kalimat Simple Past Tense bentuk Nominal
1) Rumus Positive yaitu Subject + was/were. Contohnya adalah She was born on Bali (Dia perempuan lahir di Bali). Was digunakan untuk subject I,She,he,it. Dan were digunakan untuk subject You,We,They.

2) Rumus Negative yaitu Subject + was/were + not. Contohnya adalah She was not born on Bali (Dia perempuan tidak lahir di Bali).

3) Rumus Interrogative yaitu Was/were + subject?. Contohnya adalah Was she born on Bali? (Apakah dia perempuan lahir di Bali?). 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.