TEKS EKSPOSISI (materi Bahasa Indonesia kelas 8)



TEKS EKSPOSISI
      Teks eksposisi adalah teks yang dimuat berisi informasi dan pengetahuan secara singkata dan padat disertai pendapat penulisnya. Teks Eksposisi disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi karena Teks Eksposisi menyatakan suatu keterangan yang sumbernya nyata atau fakta.
      Dalam Pembelajaran Teks Eksposisi kali ini, Akan mempelajari Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, Pola Pengembangan, Jenis Paragraf, Kebahasaan Teks Eksposisi.
Berikut adalah link untuk mempelajari Kebahasaan Teks Eksposisi.

>> Tujuan Teks Eksposisi
- Terdapat banyak pendapat pribadi didalam Teks Eksposisi untuk meyakinkan orang lain dan dapat menambah wawasan atau ilmu pengetahuan kepada orang lain/pembaca.
- Tujuan Teks Eksposisi yang lain adalah untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.
>> Ciri-ciri Teks Eksposisi
 - Ada Gagasan 
   Pernyataan berupa komentar, penilaian, dan saran dari penulis
 - Ada Fakta
   Kejadia atau peristiwa yang benar terjadi
 - Singkat dan padat
 - Menggunakan bahasa yang baku

pelajari juga: Pengertian Teks Berita
>> Struktur Teks Eksposisi
 1) Tesis
     Tesisi adalah pernyataan pendapat pengenalan isu, masalah, pandangan penulis secara umum. Dengan kata lain Tesis merupakan penjelasan umum mengenai teks yang dikemukakan tersebut.
 2) Rangkaian Argumen
     Rangkaian argumen yaitu pendapat penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Dalam Rangkaian argumen juga terdapat fakta atau data yang mendukung argumen tersebut. 
 3) Penegasan Ulang
     Adalah penegasan ulang pendapat penulis, atau dengan kata lain adalah kesimpulan dari teks yang lebih detail dan ringkas.
>> Pola-pola Pengembangan Teks eksposisi
1) Pola Umum Khusus
    Pola Umum Khusus adalah ide pokok diawal paragraf lalu diikuti kalimat penjelas.
2) Pola Khusus Umum 
    Pola Khusus Umum ini dibuka dengan hal-hal yang bersifat khusus lalu disertai/diikuti dengan hal-hal yang bersifat umum.
3) Pola Ilustrasi
    Pola Ilustrasi memuat tentang gagasan umum dan juga Ilustrasi gagasan
4) Pola Perbandingan
    Pola Perbandingan adalah membandingkan keadaan, benda, dan hal lain yang dapat ditentukan persamaan dan perbedaannya.
>> Jenis Paragraf berdasarkan letak gagasannya
 1) Deduktif
     Paragraf Deduktif dapat dilihat dari letak gagasan utama atau kalimat utama yang berada di awal alinea suatu pragraf. Paragraf Deduktif diawali dengan hal-hal atau pemaparan yang bersifat umum dan dalam memperjelas hal-hal atau pemaparan yang bersifat umum ditambahkan kalimat yang bersifat khusus.
 2) Induktif
     Paragraf Induktif dapat dilihat dari letak gagasan utama atau kalimat utama yang berada di akhir alinea suatu paragraf. Paragraf Induktif diawali dengan kalimat penjelas. Dan letak gagasan utama atau kalimat utama berada diakhir suatu paragraf.
 3) Campuran
     Paragraf Campuran adalah Paragraf yang gagasan utama atau kalimat utamanya berada di dua bagian dalam suatu paragraf. Biasanya diletakkan di awal paragraf dan di akhir paragraf. Sebenarnya 2 kalimat utama dalam Paragraf Campuran sama. Kalimat utama yang terakhir adalah penekanan dan variasi untuk mengulangi gagasan kalimat utama yang pertama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.