SIMPLE FUTURE TENSE (Pengertian,Fungsi,Rumus,Time Signal) | Belajar bersama


Pengertian simple future tense
      Simple future tense yaitu bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang akan terjadi di masa depan, dan berakhir di masa depan 

Time signal simple future tense 
      Apa itu time signal? Time signal merupakan petunjuk waktu, fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang lebih spesifik kepada pendengar atau lawan bicara kita. Time signal dari simple future tense adalah
- today yang artinya hari ini, 
- tonight yang artinya malam ini, 
- tomorrow yang artinya besok, 
- soon artinya segera, 
- later yang artinya nanti, dan 
- next week artinya minggu depan

Penjelasan Simple Future tense dapat dilihat dengan video, silahkan klik dibawah ini ya!



Rumus atau pola kalimat dalam simple future tense
       Rumus untuk kalimat simple future tense terdapat dua bentuk, yaitu verbal atau yang menggunakan kata kerja, dan nominal atau yang tidak menggunakan kata kerja. 
1) Kita bahas yang verbal dulu ya teman-teman, 
- Rumus yang pertama untuk kalimat positive yaitu, subjek + Will + Verb 1. Contohnya adalah, she will call you later. Yang artinya dia perempuan akan meneleponmu nanti. Contoh yang lain adalah they will go to Bali. Yang artinya mereka akan pergi ke Bali.

- Kita lanjutkan ke rumus negative simple future tense bentuk verbal, 
yaitu subject + will + not +v 1. Contohnya adalah she will not call you later. Yang artinya dia perempuan tidak akan meneleponmu nanti. Contoh yang kedua adalah they will not go to Bali. Yang artinya mereka tidak akan pergi ke Bali.

- Yang terakhir adalah rumus kalimat interrogative atau kalimat tanya simple future tense ya teman teman, yaitu will + subject + verb 1+?. Contohnya adalah will she call you later?. Yang artinya apakah dia perempuan akan meneleponmu nanti?. Contoh yang kedua adalah will they go to Bali?. Yang artinya apakah mereka akan pergi ke Bali?.

2) Kita lanjutkan ke rumus atau pola kalimat simple future tense yang nominal atau tidak menggunakan kata kerja atau verb.
- kita bahas yang kalimat positive dulu ya teman-teman yaitu subject + to be (am,is,are) + going to + v1. Contohnya adalah we are going to come yang artinya kami akan datang.

- Untuk kalimat negative simple future tense bentuk nominal yaitu subjek + to be (am,is,are) + not + going to + v 1. contohnya adalah we are not going to come. Yang artinya tapi tidak akan datang.

- Yang terakhir adalah rumus kalimat interrogative atau kalimat tanya simple future tense bentuk nominal yaitu atau to be (am, is ,are) + subject + going to + verb 1? contohnya adalah are we going to come? yang artinya Apakah kami akan datang?

Fungsi simple future tense
- Yang pertama adalah simple future tense digunakan untuk menyatakan kejadian di masa yang akan datang atau masa depan. seperti pengertian dari simple future tense tadi ya teman-teman. yaitu I will study English. yang artinya aku akan belajar bahasa Inggris

- Fungsi yang kedua dari simple future tense digunakan untuk menyatakan kebenaran umum di masa depan contohnya adalah everybody will die. Yang artinya semua orang akan meninggal.

- Fungsi yang ketiga dari simple future tense adalah membentuk conditional sentence type 1. yaitu menyatakan sesuatu yang mungkin akan terjadi di masa depan atau masa yang akan datang artinya jika kalian menggunakan kalimat ini kalian yakin conditional atau pengandaian ini masih mungkin akan terjadi di masa depan rumusnya adalah if + simple present + simple future.
contohnya adalah if they call me I will come. yang artinya jika mereka meneleponku aku akan datang

- Fungsi yang keempat dari simple future tense adalah digunakan untuk menyatakan suatu permintaan. contohnya yaitu, will you eat with me? Yang artinya maukah kamu makan denganku?

sampai jumpa! semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.