PAST CONTINUOUS TENSE (Pengertian,Fungsi,Time Signal,Rumus)


Pengertian past continuous tense
      Past continuous tense yaitu bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu lampau. Past continuous tense juga dapat disela dengan kejadian lain. dan dapat digabungkan dengan kejadian lain pada waktu yang bersamaan.

Time signal dari past continuous tense
 - yesterday morning artinya kemarin pagi
 - last week on friday, artinya minggu lalu pada hari jumat.

Penjelasan Past continuous tense dapat dilihat dengan video, silahkan klik dibawah ini ya!



Fungsi past continuous tense
- yang pertama adalah past continuous tense digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang sedang berlangsung di waktu lampau. contohnya adalah we were playing guitar yesterday morning. Yang artinya kami sedang bermain gitar kemarin pagi.
- fungsi yang kedua adalah past continuous tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung ketika kejadian lain terjadi contohnya adalah they were watching tv when he came. Yang artinya mereka sedang menonton TV ketika dia laki laki datang. he came dalam kalimat ini, merupakan bentuk dari simple past. Yaitu he sebagai subject, dan came sebagai verb 2. Jadi jika kalimat ini digabung secara keseluruhan menjadi they were watching tv when he came, merupakan kalimat past continuous tense ya teman teman.
Sudah paham ya teman teman, tentang fungsi past continuous tense,

Rumus atau pola kalimat dalam past continuous tense
1) yang pertama adalah kalimat positive, yaitu subjek + was/were + V-ing. Was digunakan untuk subjek I,she,he, dan it. Jika were digunakan untuk subject you, we, dan they. Contohnya adalah He was playing football yesterday. Yang artinya Dia laki-laki sedang bermain sepak bola kemarin. Dan untuk contoh penggunaan were adalah they were cooking rice yesterday morning. Yang artinya mereka sedang memasak nasi kemarin pagi.

2)  Kita lanjutkan ke rumus negative past continuous tense, yaitu subject + was/were + not + v ing. Contohnya adalah he was not playing footbal yesterday. Yang artinya dia laki laki sedang bermain sepak bola kemarin. Lalu, untuk penggunaan were contohnya adalah they were not cooking rice yesterday morning. Yang artinya mereka sedang memasak nasi kemarin pagi.

3) Yang terakhir adalah rumus interrogative atau kalimat tanya past continuous tense, yaitu was/were + subject + v ing+?. Contohnya adalah was he playing football yesterday? Yang artinya dia laki laki sedang bermain sepak bola kemarin. Dan untuk penggunaan were adalah were they cooking rice yesterday morning? Yang artinya apakah mereka sedang memasak nasi kemarin pagi?

Sampai jumpa! Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.