PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE (Pengertian,Fungsi,Time Signal,Rumus) | Belajar bersama


Pengertian past perfect continuous tense
      Past perfect continuous tense yaitu bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sedang berlangsung dan masih belum tuntas di waktu lampau. Contohnya, jika dalam kalimat bahasa Indonesia adalah, 4 hari yang lalu aku bertemu Rani dan dia masih tinggal di Jakarta. Jadi benar ya teman, jika past perfect continuous tense ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sedang berlangsung dan masih belum Tuntas di waktu lampau.

Time signal dari past perfect continuous tense
      Apa itu time signal? Time signal merupakan petunjuk waktu, fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang lebih spesifik kepada pendengar atau lawan bicara kita. Time signal dari past perfect continuous tenses adalah for yang artinya selama dan since yang artinya sejak.


Penjelasan  Past perfect tense dapat dilihat dengan video, silahkan klik dibawah ini ya!



Rumus atau pola kalimat dalam past perfect continuous tense
- yang pertama, adalah kalimat positif,
yaitu subjek + had + been +V-ing. Had digunakan untuk semua subjek ya teman teman, yaitu I,you,we,they,she,he, dan it. Contoh kalimat positive past perfect continuous tense adalah rani had been working at the hotel for three years before edo lived in bali. yang artinya rani dulu sudah bekerja di hotel itu selama 3 tahun sebelum edo tinggal di bali
-Kita lanjutkan ke rumus negatif past perfect continuous tense, yaitu subject + had + not + been + v ing. Contohnya adalah rani had not been working at the hotel for three years before edo lived in bali. yang artinya rani dulu belum bekerja di hotel itu selama 3 tahun sebelum edo tinggal di bali
-Yang terakhir adalah rumus atau kalimat tanya past perfect tense, yaitu had + subject + been + v ing+?. Contohnya adalah had Rani been working at the hotel for three years before edo lived ini bali?. yang artinya apakah rani dulu sudah bekerja di hotel itu selama 3 tahun sebelum edo tinggal di bali?
Dalam kalimat positif, negatif, dan tanda tanya di atas, Rani had been working at the hotel for 3 years termasuk kalimat past perfect continuous. before adalah time signal, dan edo lived in bali termasuk simple past. Lived merupakan verb 2 dari live. Verb 2 adalah rumus kalimat simple past ya teman teman.

Fungsi past perfect continuous tense
- yang pertama adalah past perfect continuous tense digunakan untuk memberitahu Berapa lama suatu kejadian terjadi. Contohnya adalah I had been teaching english for three hours when you slept. I had been teaching english for three hours ataupun when you slept sudah selesai di waktu lampau ya teman teman.
- past perfect continuous tense ini juga bisa digunakan untuk menyatakan dua kejadian yang sedang berlangsung pada waktu yang sama di masa lalu. Jadi, penggunaan past perfect continuous tense yang kedua ini menjelaskan beberapa kejadian atau dua kejadian yang terjadi dalam satu waktu. contohnya adalah while rina was singing, edo was playing video game. Yang artinya ketika Rina sedang bernyanyi Edo sedang bermain video game

Sampai jumpa! Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.