PAST PERFECT TENSE (Pengertian,Time signal,Fungsi,Rumus) | Belajar bersama

 
Pengertian past perfect tense
     Past perfect tense yaitu bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah terjadi atau selesai pada suatu titik di masa lampau sebelum aksi lain terjadi.

Time signal 
    Apa itu time signal? Time signal merupakan petunjuk waktu, fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang lebih spesifik kepada pendengar atau lawan bicara kita. Time signal dari past perfect tenses adalah 
 - before yang artinya sebelum, 
 - after yang artinya setelah, dan
 - when yang artinya ketika.

Penjelasan  Past perfect tense dapat dilihat dengan video, silahkan klik dibawah ini ya!



Rumus atau pola kalimat dalam past perfect tense
 - Yang pertama, adalah kalimat positif ya teman-teman, yaitu subjek + had + Verb 3. Had digunakan untuk semua subjek, yaitu I,you,we,they,she,he, dan it. Contoh kalimat positive past perfect tense adalah rani had studied english before she came to my house. Yang artinya rani sudah belajar bahasa inggris sebelum dia atau rani datang ke rumahku.
 - Kita lanjutkan ke rumus negatif past perfect tense, yaitu subject + had + not + verb 3. Contohnya adalah rani had not studied english before she came to my house. Yang artinya rani belum belajar bahasa inggris sebelum dia datang ke rumahku.
 - Yang terakhir adalah rumus introgative atau kalimat tanya past perfect tense, yaitu had + subject + v 3+?. Contohnya adalah had rani studied english before she came to my house?. Yang artinya apakah rani sudah belajar bahasa inggris sebelum dia datang ke rumahku?.

Fungsi past perfect tense
- yang pertama adalah past perfect tense digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang telah selesai sebelum kegiatan lain terjadi di masa lampau disini kita bisa menggunakan conjunction when. dengan pola when+perfect tense + simple past tense contohnya adalah when my father had gone to bali, he had slept. Yang artinya ketika Ayahku pergi ke Bali, dia laki-laki tidur. Sudah bisa memahami penggunaan past perfect ini ya teman-teman.
- Kita lanjut ke fungsi yang kedua, past perfect tense ini juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah pengandaian atau harapan misalnya suatu kejadian telah terjadi di masa lampau dan kamu ingin kejadian tersebut terulang lagi tetapi kejadian itu tidak bisa terulang lagi contohnya adalah if they had called me earlier I would have been very happy. yang artinya jika mereka meneleponku lebih awal, aku pasti sangat senang. Dalam kalimat ini kita menggunakan rumus dari conditional sentence type 3 ya teman teman, yaitu if untuk pengandaian atau yang artinya jika, lalu past perfect tense dan menggunakan Subject + would + have + verb 3. Itu semua adalah rumus dari conditional sentence type 3, yang bisa digunakan dalam fungsi past perfect tense.

Sampai jumpa! Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.