Apa itu Conjunction (Correlative Conjunction) | Belajar bersama

Hai teman teman, kali ini kita akan membahas tentang macam Conjunction yang kedua. Yaitu Correlative Conjunction. 

Pengertian Conjunction
      Conjunction (Kata hubung) adalah kata hubung yang menghubungkan dua kata, dua kalimat, dua frasa atau klausa. Tanpa Conjunction kita akan kesulitan untuk memahami tulisan yang kita baca. 
Ada beberapa macam Conjuntion atau kata hubung ya teman teman. Yaitu 
  • Coordinating conjunction
  • Correlative conjunction
  • Subordinating conjunction
Tapi kali ini, aku akan membahas tentang coordinating conjunction dulu ya. Silahkan kalian pelajari correlative conjunction dan subordinating conjunction pada link di bawah ini!




Pembahasan Correlative Conjunction | Belajar bersama👇



Pengertian correlative conjunction
   Correlative conjunction adalah kata hubung yangg berpasangan yang menghubungkann dua kata, dua frasa,, atau dua klausa. Contoh kata hubungnya adalah sebagai berikut. Ada both..and, between..and,either..or, neither..nor, from..to, rather..than, not only..but also, as..as.
Kita bahas satu persatu ya!

1) Yang pertama  both..and. Both..and bermakna "keduanya". Kata ini digunakan untuk menunjukkan sebuuah hubungan yang membahas mengenai 2 orang, ataupun 2 hal yang dikenai aksi yang sama..

Contohnya adalah Both rini and rani were in the school Friday Morning. (Keduanya, rini dan rani berada di sekolah hari Jum'at pagi).


2) Between…and. Yang digunakan untukk menunjukkan sebuah hubungan yang melibatkan di antara 2 orang, ataupun 2 hal. Between..and bermaknaa "di antara..dan..”

Contohnya adalah There is a great difference between horse and dog. Ada perbedaan besar diantara kuda dan anjing.


3) Either……or. Kata either……or merupakann jenis correlative conjunction, yang berfungsi untuk menyampaikan pilihan. Either..or bermakna "antara....ataupun". 

Contohnya adalah She will be at Bali either in May or July this year. (Ia akan berada di Bali antara bulan Mei ataupun Juli tahun ini.)


4) Neither…nor. Kata ini juga memberikan pernyataan berupa pilihan, samas seperti either…or. Namun,, neither……nor digunakan untuk kalimat negatif yang selalu menggunakan kata not. 
Neither..nor bermakna baik...ataupun...tidak.

Contohnya adalah Neither Tom nor kiki is in their room now. (Baik Tom ataupun kiki tidak ada di kamar mereka sekarang.)


5) From..to. Kata ini digunakann dalam kalimat untuk menceritakan sebuah batasan. Dan bermakna dari….hingga. 

Contohnya adalah Tom will run from the starting point to the finish line. (Tom akan berlari dari titik awal hingga garis selesai.)


6) Rather..than. Rather..than bermakna “daripadaa”. Ketika kita menggunakannya dalam sebuah kalimat berarti kita ingin membandingkan sebuah hal, tempat, ataupunn seseorang di mana yang satu memiliki kelebihan dalam hal apa saja dibandingkan yang lain..

Contohnya adalah We should rather eat healthy foods than junk foods.
(Kita lebih baikk makan makanan sehat daripada makanan siap saji.)


7) Not only..but also. Hal yang perlu diingat adalah dalam penggunaan jenis correlative conjunction ini, semuanya harus imbangg. Tidak boleh ada aksi atau penjelasan lainnya yang menunjukkan ketidaksamaan antara kedua subjek yang dibicarakan. Not only..but also bermakna tidak hanya...tetapi juga.


Contohnya adalah She can drive not only a car but also a helicopter.
(Dia tidak hanya bisa mengemudi mobil tetapi juga helikopter.)


8) As..as. Kata ini memiliki arti imbuhan -se, contohnya secantikk, sepintar, sekuat. Kata yang diapit di antara as…as haruslah merupakan kata yang seimbang, dalam artian noun dibandingkan dengan noun. Biasanya kata diapit di antara as…as ini merupakan adjective ataupun juga kata sifat. 

Contohnya adalah bryan's house is as big as Benny’s house. (Rumah bryan sebesar rumah Benny.)


sampai jumpa!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.