NARRATIVE TEXT




>> Pengertian Narrative text 
Narrative text merupakan teks yang digunakan untuk menceritakan sebuah cerita atau suatu cerita yang mempunyai rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung satu sama lain. 
>> Tujuan Narrative Text
Narrative text bertujuan untuk menghibur pembaca tentang suatu kisah                atau cerita.
>> Jenis-jenis Narrative Text
Narrative text bisa berbentuk imajiner ataupun faktual. Berikut beberapa jenis-
jenis Narrative text:
   1) Fairy tale (dongeng)
          Fairy tale adalah kisah yang berhubungan dengan banyak hal ajaib. 
  2) Mystery (Misteri) 
          Mystery adalah sesuatu yang sulit atau tidak mungkin dimengerti atau dijelaskan. Atau apapun dirahasiakan atau tetap tidak dapat dijelaskan atau tidak diketahui. 
  3) Sciene fiction (Fiksi ilmiah) 
         Sciene fiction adalah kisah yang mengeksplorasi sains sebagai latar belakang ataupun plot dari keseluruhan suatu cerita. 
   4) Romance (Romansa/percintaan) 
         Romance adalah teks yang biasanya digunakan dalam kontes drama romanda. Teks ini juga bisa menjadi suatu cerita romansa yang memiliki narasi dan juga percakapan. 
   5) History (Sejarah) 
         History adalah kisah yang menceritakan fakta tentang suatu kejadian yang dijadikan sejarah oleh masyarakat.
 

6) Horror 
      Horror adalah suatu genre fiksi yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti, menjijikkan, atau mengagetkan pembaca atau pemirsanya dengan mendorong perasaan ngeri dan teror. 
7) Fable (Fabel) 
      Fable adalah cerita fiksi yang ringkas, dalam prosa atau syair, yang menampilkan binatang, makhluk legendaris, tanaman, benda mati, atau kekuatan alam yang antropomorfis, dan juga yang menggambarkan ataupun mengarah pada pelajaran moral tertentu. 
8) Personal experience (Pengalaman pribadi) 
      Personal experience adalah narasi prosa yang berhubungan dengan pengalaman pribadi yang biasanya diceritakan sebagai orang pertama. Isinya tidak tradisional. "Pribadi" mengacu pada cerita dari kehidupan atau pengalaman seseorang. 
9) Myth (Mitos) 
      Myth adalan suatu genre cerita rakyat yang memainkan peran mendasar dalam masyarakat, seperti dongeng dasar atau mitos asal. 
10) Legend (Legenda)
         Legenda dalah sebuah cerita atau narasi yang terletak disuatu tempat antara mitos dan fakta sejarah dan yang sebagai aturan, adalah tentang tokoh atau orang tertentu.


>> Ciri-ciri Narrative text
  •      Menggunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense
  •      Menggunakan Adjective yang membentuk Noun Phrase
  •      Menggunakan Function untuk mengurutkan kejadian-kejadian
>> Struktur Narrative text
   Secara umum terdiri dari 4 tahapan dalam Narrative text, yaitu:
1) Orientation
    Orientation atau bisa disebut dengan pendahuluan, berisi tentang siapa, kapan, dimana, suatu cerita ditetapkan.
2) Complication 
     Complication merupakan bagian menceritakan awal masalah yang menyebabkan puncak masalah dalam Narrative Text atau yang biasa disebut dengan Klimaks. Bagian Complication ini biasanya melibatkan karakter utama dari cerita.
3) Resolution
    Resolution merupakan bagian akhir cerita atau berupa solusi dari masalah yang terjadi. Masalah dapat diselesaikan menjadi lebih baik atau malah lebih buruk yang nantinya akan membuat cerita berakhir dengan bahagia atau sebaliknya. 
4) Re-Orientation
    Re-Orientation merupakan bagian penutup dari suatu cerita yang bersifat opsional. Re-Orientation bisa berisi tentang pelajaran moral,saran,amanat, atau pengajaran dari penulis.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.