FUTURE PERFECT TENSE (Pengertian,Rumus,Fungsi,Time Signal | Belajar bersama


Pengertian future perfect tense
         Future perfect tense yaitu bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang akan selesai dilakukan di waktu yang akan datang, atau suatu kejadian yang akan sudah selesai dilakukan di waktu yang akan datang

Time signal future perfect tense
        Apa itu time signal? Time signal merupakan petunjuk waktu, fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang lebih spesifik kepada pendengar atau lawan bicara kita. Time signal dari future perfect tense adalah
Tomorrow yang artinya besok, by the end of next week yang artinya akhir minggu depan, dan at this time next year, yang artinya pada waktu yang sama, pada saat ini di tahun depan.

Penjelasan Future Perfect Tense dapat dilihat dengan video, klik dibawah:



Rumus atau pola kalimat dalam future perfect tense
1) rumus yang pertama, untuk kalimat positif yaitu,
subjek + Will + have + Verb 3.
Perbedaan untuk verb 1 verb 2 verb 3 adalah, contohnya, makan. Verb 1 nya adalah eat, verb 2 nya adalah ate, dan verb 3 nya adalah eaten. Contoh yang lain, minum. Verb 1 ny adalh drink, verb 2 nya adalah drank, dan verb 3 nya adalah drunk. Contoh untuk kalimat positif adalah,we will have graduated from Junior high school next month. Yang artinya kami akan sudah lulus dari smp atau sekolah menengah pertama bulan depan. Oh iya teman-teman will dan have digunakan untuk semua subject ya yaitu I, you, we, they, she, he, it.

2) Kita lanjutkan ke rumus negatif future perfect tense, yaitu subject + will + not + have + v 3. Contohnya adalah we will not have graduated from Junior high school next month. Yang artinya kami tidak akan sudah lulus dari SMP atau sekolah menengah pertama bulan depan.

3) Yang terakhir adalah rumus kalimat interrogative atau kalimat tanya future perfect tense ya teman teman, yaitu will + subject + have + verb 3+?. Contohnya adalah will we have graduated from Junior high school next month?. Yang artinya Apakah kami akan sudah lulus dari SMP atau sekolah menengah pertama bulan depan.

Fungsi future perfect tense
- yang pertama adalah future perfect tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan selesai dilakukan di masa depan contohnya adalah I will have finished my study by the end of next year yang artinya aku akan sudah menyelesaikan studi ku atau sekolah ku akhir tahun depan

- fungsi yang kedua dari future perfect tense dapat digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan sudah selesai ketika ada kejadian lain terjadi kalian bisa menggunakan future perfect + when+ simple present. Contohnya adalah we will have drunk when you come at 6 . Yang artinya kami akan sudah minum, ketika kamu datang jam 6.

Sampai jumpa! Semoga membantu!





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.