SISTEM PEREDARAN DARAH


Sistem peredaran darah atau yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan sistem kardiovaskular merupakan suatu sistem yang berguna untuk menyalurkan berbagai macam zat penting, seperti nutrisi dan oksigen, dari jantung ke seluruh tubuh.  

Berikut ini Alat Peredaran Darah, antara lain:

1. JANTUNG         

gambar jantung

          Jantung adalah organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

>> Jantung terdiri dari 4 ruangan:

- Serambi (Atrium) kiri

- Serambi (Arium) kanan

Bilik (Ventrikel) kiri

Bilik (Ventrikel) kanan

>> Katup jantung atau klep jantung merupakan organ yang memiliki mekanisme seperti gerbang atau pintu satu arah yang terdapat pada jantung

Katup jantung memiliki fungsi untuk menjaga aliran darah yang berasal dari jantung dapat mengalir dengan benar, baik antar ruangan jantung atau dari jantung keluar ke pembuluh darah. pembuluh darah dibedakan menjadi 3, yaitu:

a) Pembuluh Nadi (Arteri)

    Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Fungsi Pembuluh Nadi (Arteri) adalah mengalirkan darah keluar dari jantung. 

b) Pembuluh Kapiler

    Pembuluh Kapiler  merupakan pembuluh kecil dengan dinding sangat tipis yang menghubungkan arteriol dengan venula. Ini karena pembuluh kapiler dapat dilewati oleh darah bersih yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dan bisa juga menerima zat sisa dari jaringan tubuh. 

c) Pembuluh Balik (Vena)

    Pembuluh balik atau vena merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk kedalam jantung. Darah yang dialirkan Pembuluh Balik (Vena) ini banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya Pembulu Balik (Vena) terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. 

2.  PEREDARAN DARAH

Peredaran atau siklus dari darah dibagi menjadi dua, yaitu:

> Peredaran darah tunggal

   Terjadi apabila darah melewati jantung satu kali setiap siklusnya. Contohnya pada ikan. 

> Peredaran darah ganda

   Terjadi ketika siklus peredaran darah melewati jantung dua kali. Pada peredaran darah ganda, dibagi menjadi dua macam, yaitu peredaran darah besar dan kecil. 

 1. Peredaran darah besar 

siklus peredaran darah besar


     Peredaran darah besar  atau Sistemik merupakan siklus peredaran darah yang dimulai dari jantung dan mengalir ke berbagai bagian tubuh.

  2. Peredaran darah kecil 

siklus peredaran darah kecil


       Peredaran darah kecil atau Pulmonalis yang dimulai pada jantung dan berlanjut ke paru-paru.

      



      

 

              

       

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.